Samsung Gandakan Keawetan Baterai Smartphone

Samsung Gandakan Keawetan Baterai Smartphone


Para periset Samsung mengklaim telah membuat terobosan dalam bidang teknologi baterai. Sehingga keawetannya bisa meningkat sampai dua kali lipat.

dari Korea Times, Minggu (28/6/2015), Samsung Advanced Institute of Technology (SAIT) memadukan material bernama silicon chatode dan graphene untuk memproduksi baterai dengan kapasitas sekitar dua kali dibanding baterai lithium ion biasa.

Teknologi ini diharapkan akan diimplementasikan di perangkat mobile seperti smartphone sampai mobil listrik. "Riset ini secara dramatis meningkatkan kapasitas baterai lithium ion dengan mengaplikasikan metode baru," kata Son In hyuki, periset di SAIT. 

Teknologi baterai lithium ion yang diperkenalkan pada tahun 1991 memang hanya sedikit kemajuannya. Kalah dibandingkan perkembangan teknologi lain, sebut saja layar atau prosesor. 

Maka berbagai riset termasuk yang dilakukan Samsung sedang mencoba membuat terobosan teknologi baterai. Saat ini, paten teknologi baterai Samsung tersebut sedang didaftarkan di Korea Selatan, China, Eropa dan Amerika Serikat. 

Tapi tampaknya, masih butuh waktu cukup lama untuk diimplementasikan di gadget Samsung. Diperkirakan paling cepat dua tahun lagi.

 

 

Dewata Communication © 2013